Kamis, 22 Oktober 2009

Vitamin K

Tentang Vitamin K >> │ Penjelasan Vitamin K │ Fungsi Vitamin K

By Febrian Andhika


Vitamin K

Vitamin K diambil dari kata koagulation seperti fungsinya yaitu sebagai vitamin yang membantu dalam pembekuan darah. Vitamin K mempunyai 2 bentuk yaitu Filokion (Vitamin K1) yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan dan Menakinon (Vitamin K2) yang terdapat dalam minyak ikan dan daging.
Menakinon juga disintesis oleh bakteri di usus halus manusia.
Selain vitamin K1 dan K2 masih ada yang disebut Menadion (Vitamin K3). Yaitu vitamin K yang sifatnya sintetik.
Vitamin K cukup tahan panas, namun vitamin K tidak tahan terhadap alkali dan cahaya. Vitamin K dalam usus halus diabsorpsi dengan bantuan empedu dan cairan pankreas.

Fungsi Vitamin K

Sudah sejak lama fungsi vitamin K diketahui dalam proses pembekuan darah. Namun selain itu vitamin K juga berfungsi sebagai kofaktor enzim karboksilase. Enzim yang mengubah residu protein berupa asam glutamat (glu) menjadi gama-karboksilase (gla). Sehingga tanpa vitamin K protein tersebut tidak dapat ikut dalam proses metabolisme.

Sumber Vitamin K

Sumber utama vitamin K adalah hati, sayuran daun berwarna hijau, kacang buncis, kacang polong, kol dan brokoli. Semakin hijau daun-daunan semakin tinggi kandungan vitamin K-nya.
Sumber makanan lain yang mengandung vitamin K dalam jumlah lebih kecil adalah susu, daging, telur, serelaria, buah-buahan, dan sayuran lain.
Sumber penting vitamin K yang lain adalah flora bakteri dalam usus halus (jejunum dan ileum).
Untuk bayi yang baru lahir disarankan mendapat vitamin K melalui mulut atau injeksi intramuskular guna mencukupi kebutuhan vitamin K-nya agar tidak terjadi perdarahan. Karena pada bayi yang baru lahir jumlah mikroorganisme di dalam usus halusnya masih belum banyak. Dan ASI dari ibu juga tidak banyak mengandung vitamin K yang cukup untuk bayi.

Akibat Kekurangan Vitamin K

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan darah tidak dapat menggumpal. Kekurangan vitamin K karena makanan jarang terjadi. Yang sering terjadi karena ada gangguan absorpsi lemak. Kekurangan vitamin K bisa juga terjadi karena seseorang mendapat antibiotika, sedangkan tubuhnya kurang mendapat vitamin K dari makanan. Antibiotika membunuh mikroorganisme yang ada di usus halus. Selain antibiotika, obat seperti aspirin bila dipakai secara berlebihan dapat mencegah pembekuan darah normal dengan mengganggu pembekuan platelet dan faktor-faktor tergantung vitamin K.

Akibat Kelebihan Vitamin K

Kelebihan vitamin K terjadi bila vitamin K diberikan dalam bentuk berlebihan berupa vitamin K sintetik menadion. Gejalanya adalah hemolisis sel darah merah, sakit kuning (jaundice) dan kerusakan pada otak.

(Sunita Almatsier, 2002)

Download dan baca artikel ini selengkapnya KLIK DISISNI (88.00 KB).

Download dan baca artikel yang lain juga tentang Vitamin.

0 komentar: