Jumat, 09 Oktober 2009

Menulis Artikel Informasi

Tiga Langkah Mudah Menulis Artikel Informasi

Artikel menurut saya adalah sebuah tulisan yang memuat tentang sesuatu hal baik itu hobi, kesehatan, profesi, pekerjaan, bisnis, masakan, dan lain-lain yang terdiri dari satu paragraf atau lebih yang biasanya terdapat minimal 1 kalimat lengkap SPO s.d. > 1000 kata per artikel.

Teman, seperti definisi diatas artikel biasanya berisi tentang sebuah informasi. Bukan biasanya sih! Tapi emang isinya Informasi. Hehe.. Selain itu artikel berfungsi sebagai sumber ilmu. Ya iyalah isinya informasi gitu..:)

Lalu kenapa harus ada artikel? Artikel memang teramat sangat penting sekali. Tanpa artikel dunia ini khususnya di bidang pendidikan bisa dibilang seperti sayur tanpa garam. Bahasa jawanya “anyep” alias nggak ada rasanya. Hehe.. Manusia itu sifat salah satunya adalah haus akan suatu informasi baik itu visual, audio, dan audio-visual. Artikel termasuk dalam visual berupa tulisan yang bisa dibaca oleh manusia. Sehingga manusia menjadi tahu tentang sesuatu informasi yang dicarinya.

Trus gimana cara membuat atau menulis artikel nih? Hm..kalau menurut saya, menurut saya loh yang masih newbie, langkah-langkahnya seperti ini :

1. Cari Ide

Gimana tuh? Teman-teman bisa cari di internet, textbook, majalah, dan lain-lain. Contohnya saya ingin membuat artikel tentang “kesehatan”. Nah ‘kesehatan” ini adalah idenya. Binggo kita dapat ide tentang kesehatan. Trus gimana lagi?

2. Buat Kerangka

Langkah kedua ini juga penting loh teman. Karena tanpa kerangka, artikel teman-teman jadi nggak sistematis deh. Hasilnya nanti ruwet, jalurnya bisa melenceng. Bayangin aja manusia nggak punya kerangka??? Hehe.. lembek. Tapi untuk yang sudah ahli kayanya enak ya nulisnya bisa ngalir gitu. Jadi pingin bisa nulis kaya yang uda profesional gitu. T_T. Nah tadi sudah dapat topik atau ide tentang kesehatan trus kerangkanya gimana? Contoh :

Tema : Kesehatan
Judul : Diet Sehat
Isi : Definisi, Macam-macam diet (Rendah karbohidrat, Rendah lemak, Rendah protein, dll.), Cara mengatur diet, Pola makan yang benar (Empat sehat lima sempurna), dll.

3. Langkah Terakhir dan yang Paling Penting Adalah Isinya

Ya iyalah, artikel nggak ada isinya bukan artikel namanya. Hehe.. Nah gimana tuh bikin isinya? Ini nih yang susah. Hehe.. Nggak juga sih kalau kamu punya kaya yang di ide tadi misal internet atau boleh pergi ke warnet yang penting bisa tanya sama mbah google, trus majalah, koran, ataupun textbook tentang ide dan kerangka teman-teman. Kemudian kumpulkan dan resap ilmunya jangan cuma masuk mata keluar telinga. Loh..:p Tulis menurut teman-teman sesuai kerangka. Selesai deh. Kemudian bisa di bagi sama yang lain lewat blog infonya. Bisa aja loh blognya temen-temen nanti sukses atau banyak trafficnya alias ramai dikunjungi jadi banyak juga yang pasang iklan atau link affiliate buat tambahan penghasilan. Enak kan..:)

0 komentar: