Jumat, 30 Oktober 2009

Vitamin C

Tentang Vitamin C >> │ Penjelasan Vitamin C │ Fungsi Vitamin C

By Febrian Andhika


Vitamin C (Asam Askorbat)

Penyakit scurvy telah dikenal sejak abad ke-15. Penyakit ini menyebabkan pucat, rasa lelah berkepanjangan, perdarahan gusi, perdarahan di bawah kulit, edema, tukak dan pada akhirnya menyebabkan kematian
Pada tahun 1750, Lind menemukan bahwa scurvy dapat dicegah dan diobati dengan memakan jeruk. Pada tahun 1932 zat antiskorbut tersebut dinamakan Vitamin C.
Vitamin C termasuk dalam vitamin yang larut air. Vitamin C mudah rusak karena bersentuhan dengan udara (oksidasi) terutama bila terkena panas. Oksidasi dipercepat oleh tembaga dan besi. Sehingga vitamin C dikenal dengan vitamin yang paling labil.

Fungsi Vitamin C

Sintesis Kolagen
Vitamin C diperlukan untuk hidroksilasi prolin dan lisin menjadi hidroksiprolin, bahan penting dalam pembentukan kolagen. Dimana fungsi kolagen ialah mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit, dan tendon. Sehingga vitamin C berperan dalam penyembuhan luka, patah tulang, perdarahan di bawah kulit dan perdarahan gusi.

Sintesis Karnitin, Noradrenalin, Serotonin, dll.
Vitamin C diperlukan untuk sintesis zat-zat tersebut di atas.

Absorpsi dan Metabolisme Besi
Vitamin C berperan dalam memindahkan besi dari transferin di dalam plasma ke feritin hati.

Absorpsi Kalsium
Vitamin C membantu absorpsi kalsium dengan menjaga kalsium dalam bentuk larutan.

Mencegah Infeksi
Vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Namun konsumsi vitamin C dosis tinggi setiap hari secara rutin tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan batu ginjal. Sebenarnya pria yang berumur 20-45 th hanya memerlukan sekitar 60mg vitamin C dari bahan makanan (non-sintetik). Dan jika mengkonsumsi dari vitamin C sintetik, maka hanya akan diserap sekitar 16% saja.

Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
Vitamin C dapat mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifak karsinogenik dan juga peran vitamin C sebagai antioksidan yang mempengaruhi pembentukan sel-sel tumor.
Vitamin C juga dapat menurunkan kadar trigliserid yang sering menjadi penyebab penyakit jantung.

Sumber Vitamin C

Pada umumnya vitamin C hanya terdapat pada pangan nabati, yaitu sayur dan buah terutama yang rasanya asam seperti jeruk, nanas, rambutan, pepaya, gandaria, kol dan tomat.

Akibat Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C

Bila kita kekurangan dalam konsumsi vitamin C maka dapat terkena skorbut. Tanda-tandanya antara lain adalah lelah, lemah, napas pendek, kejang otot, tulang, otot dan persendian sakit, nafsu makan berkurang, kulit menjadi kering, kasar dan gatal, warna merah kebiruan di bawah kulit, perdarahan gusi, kedudukan gigi menjadi longgar, mulut dan mata kering dan rambut rontok. Selain itu juga terjadi luka sukar sembuh, anemia, leukosi menurun serta depresi akibat gangguan saraf.
Bila kita kelebihan vitamin C berasal dari suplemen secara berlebihan tiap hari dapat menimbulkan hiperkalsiuria yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal (Batu Oksalat).

(Sunita Almatsier, 2002)

Download dan baca artikel ini selengkapnya KLIK DISINI (51.00 KB).

Baca artikel yang lain tentang vitamin.

0 komentar: